10 Ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang Bikin Untung

10 ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang bikin untung 3997

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar memang terlihat sederhana dan mudah di buat. Namun bisnis ini pun tidak bisa di anggap remeh karena tingginya permintaan dan luasnya pasar yang bisa di bidik.

Karena selain di minati anak-anak SD, jajanan ini juga di minati banyak kalangan. Mulai SMP, anak SMA dan orang dewasa juga menyukainya.

Bacaan Lainnya
Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Apalagi jika Anda memiliki tempat yang dekat dengan kawasan pendidikan, Anda tentu bisa memanfaatkannya dengan berjualan jajanan anak sekolah dasar.

Ada beberapa ide usaha jajanan anak SD yang bisa Anda praktikkan. Selain paling favorit, cara membuatnya juga cukup mudah. Selain itu, untuk memulai usaha makanan ringan, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

8 Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang Banyak diminati

Berikut Ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang menguntungkan di tahun 2023

1. Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar Pertama “Cilor”

Cilor di buat dari bahan utama yang sederhana dan mudah di temukan yaitu tepung tapioka dan telur.

Cara pembuatannya juga cukup sederhana, tepung tapioka di campur dengan garam, merica, bawang merah dan air secukupnya hingga membentuk adonan yang kental. Kemudian di bentuk bulat-bulat kecil, lalu di rebus beberapa menit sebelum di tusuk di atas tusuk sate kayu seperti sate.

Setelah itu cilor yang sudah berbentuk sate di masukkan ke dalam kocokan telur dan di goreng dengan minyak panas, tunggu 2 menit. Setelah matang, keluarkan cili dan masukkan ke dalam plastik. Terakhir, jika pembeli mau, Anda bisa menambahkan saus sambal.

Cilor bisa di temukan di pinggir jalan dan harganya murah. Sehingga masyarakat pasti sudah mengenal dan memiliki banyak peminat. Biasanya cilor saat ini di bandrol dengan harga 500/tusuk sate atau Rp. 1500/2 tusuk sate.

2. Bisnis Jajanan Cimol

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang sering di gemari adalah cimol. Namanya agak tunggal, berasal dari singkatan “aci di gemol”. Nah, ini juga salah satu jajanan khas yang berasal dari daerah Jawa Barat.

Bahan utamanya tentu saja adalah “Aci” atau pati. Namun untuk cimol, adonannya biasanya di remas dengan tepung terigu.

Caranya, campur kanji dan tepung terigu, garam, penyedap rasa dan air secukupnya. Lalu aduk hingga rata. Bentuk menjadi bola-bola kecil.

Biasanya bentuknya sedikit lebih besar dari lingkaran cilor. Setelah terbentuk bola-bola, sekarang tinggal di masukkan ke dalam minyak mendidih dan di goreng hingga matang, usahakan apinya jangan terlalu besar agar cimolo yang di goreng lebih sempurna dan tidak meledak.

Jika cimolo sudah matang, angkat dan tiriskan. Masukkan ke dalam kantong plastik dan tambahkan bubuk bumbu, seperti bubuk cabai, bubuk keju, atau bumbu asin. Cimol biasanya berharga Rp. 3000-Rp. 5000/bungkus. Tentu tidak hanya anak-anak saja yang menyukai cimol tetapi juga orang dewasa.

3. Jajanan Cilok

Pernah dengar jajanan cilok? Ya, masih dalam genre per-accian. Cilok juga terbuat dari aci atau tepung kanji yang di bentuk bulat dan di sajikan dengan atau tanpa kuah. Cilok berasal dari singkatan “aci di colok” yang berarti aci/tepung tapioka yang di tusuk.

Namun sebenarnya cilok sekarang lebih banyak menggunakan wadah plastik daripada tutup. Meski masih ada pedagang yang menyediakan tusuk sate untuk cilok ini.

Nah, cara membuat cilok juga mirip dengan cilor dan cimol. Tapi nanti cilok ini ada yang ada isiannya ada juga yang tidak, jadi terserah anda. Biasanya isi cilok bisa bermacam-macam mulai dari ayam, sosis, keju, dll

Cara membuat cilok adalah dengan mencampurkan tepung kanji dan sedikit tepung, lalu tambahkan garam, penyedap rasa, daun bawang, merica dan air. Jika sudah tercampur, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.

Masukkan adonan cilok yang sudah di bentuk ke dalam air mendidih. Jika ingin berjualan cilok kuah, siapkan kuahnya terlebih dahulu.

Setelah di rebus, cilok siap di sajikan dengan kuah, kecap, dan sambal dengan atau tanpa kuah. Biasanya harga cilok juga cukup terjangkau untuk anak-anak dan dewasa, mulai dari Rp 3000 atau Rp 5000 per porsi.

4. Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, Telur Gulung

Kali ini kita akan menyelesaikan jajanan anak dari aci (tepung kanji). Nah, ada juga jajanan favorit sejuta umat yaitu telur gulung. Tentunya bahan utama dalam cemilan ini adalah telur. Telur gulung adalah jajanan yang sangat sederhana karena bahan utamanya hanya telur.

Biasanya di gunakan telur ayam yang di kocok hingga benar-benar berwarna jingga dan di campur dengan garam serta bumbu penyedap yang sudah di campurkan. Bahkan terkadang ada pedagang yang menambahkan sedikit air pada telurnya.

Setelah itu, masukkan telur yang sudah di kocok perlahan ke dalam minyak panas yang cukup di dalam ketel. tunggu beberapa detik dan segera gulung telur menggunakan tusuk sate kayu.

Perhatikan bahwa camilan ini sedikit berbeda karena Anda mungkin perlu berlatih teknik menggulung telur menggunakan tusuk sate kayu di atas ketel.

Menggulung telur dalam ketel terdengar mudah, namun terkadang bisa sedikit menyulitkan bagi sebagian orang. Jadi anda bisa mencobanya di rumah sebelum berjualan telur gulung. Jika gulungan berhasil di buat, tinggal memasukkannya ke dalam plastik dan menambahkan saus (jika pembeli mau).

Harga telur gulung juga terjangkau, biasanya di jual seharga Rp. 1000/batang. Namun sangat jarang yang membeli hanya satu tusuk sate bungkus, biasanya minimal 3 atau 5 tusuk sate sekaligus per pembelian.

5. Jajanan Seblak

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar kemudian berjualan seblak. Siapa yang tidak tahu seblak? Jajanan ini populer di daerah Jawa Barat dan kini banyak juga penjual seblak yang menjajakan seblak di berbagai daerah karena ternyata peminat seblak semakin banyak.

Seblak adalah makanan ringan yang bahan utamanya kerupuk, bahkan sekarang sudah ada pilihan topping lain seperti makaroni, mie, batagor kering, pangsit, sosis, dll.

Nah, kerupuk ini tidak di goreng langsung dengan minyak panas. Sebaliknya, rendam dalam air terlebih dahulu. Setelah agak empuk, kerupuk ini di buat menjadi seblak.

Seblak di buat langsung saat ada pembeli, sama seperti nasi goreng. Sebelum mencampurkan bahan-bahannya, anda harus mencampurkan terlebih dahulu bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kencur dan kemiri.

Siapkan juga campuran cabai. sayuran seperti kubis dan daun bawang. Jika semuanya sudah siap, tinggal dijalankan saja.

Panaskan minyak, lalu masukkan bumbu halus, bawang merah dan kol, tambahkan sedikit air. Kemudian tambahkan kerupuk dan topping, jangan lupa tambahkan juga saus sambalnya.

Selanjutnya masukkan gula pasir, garam dan penyedap rasa sesuai selera dan tunggu beberapa saat hingga seblak siap dihidangkan. Harga seblak biasanya berkisar antara Rp. 5000.

6. Pop Ice dan Minuman Serbuk Lainnya

Jika sebelumnya jajanan anak berupa makanan, kali ini kita akan membahas tentang minuman. Anak-anak biasanya menyukai minuman beraroma. Namun, minuman kekinian seperti boba dan thai tea umumnya dianggap sedikit terlalu mahal untuk uang saku anak SD. Sehingga Pop Ice dan minuman serbuk lainnya menjadi cemilan yang lebih nyaman.

Es loli dan bubuk minuman lainnya juga tidak hanya untuk anak sekolah dasar. Buktinya banyak orang yang berjalan melewati stand Pop Ice di pinggir jalan. Apalagi untuk menjualnya tidak perlu ribet dengan bahan-bahannya.

Beli saja es loli dan minuman kemasan lainnya, sediakan air putih, es batu, blender dan colokan listrik (untuk blender). Untuk packing cukup menggunakan minuman atau gelas plastik. Bahkan jika Anda tidak memiliki blender, Anda dapat menggunakan pengocok.

Biasanya harga snack ice pop dan minuman bubuk cukup berbeda. Kalau minumannya seperti teh, biasanya dibandrol dengan harga Rp. 2000, sedangkan pop ice bisa mulai dari Rp. 3000 (menggunakan film).

Harganya akan berbeda jika menggunakan cangkir untuk minuman dan diberi topping tambahan seperti agar-agar, chocolate chip atau keju. Tapi yang pasti orang dewasa dan anak-anak pasti suka!

7. Bisnis Makanan Batagor

Yuhuu, siapa yang bukan batagor? Jajanan yang berasal dari Jabarat ini memiliki penggemar dimana-mana. Juga berdasarkan pengalaman, di daerah Jawa Timur, batagor berlabel “Batagor Bandung” selalu ramai pemesan. Nah, batagor juga termasuk Ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang disukai orang dewasa.

Batagor adalah singkatan dari “Baso Tahu Goreng”. Yang dimaksud bakso tahu di sini juga bukan bakso sapi yang biasa dijual di warung bakso, melainkan tepung kanji yang dicampur dengan ikan kembung, sehingga rasanya enak dan dimasukkan sebagai isian tahu berwarna coklat.

Biasanya tahu yang digunakan adalah tahu sumedang, namun Anda bisa menggunakan tahu putih yang banyak dijual di sekitar tempat tinggal Anda.

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan bahan utama seperti tepung kanji, tepung terigu, haluskan ikan tenggiri dan tahu putih.

Jangan lupa siapkan bahan untuk bumbu kacangnya. Jika ingin membuat bumbu kacang terlebih dahulu, Anda perlu menggiling kacang tanah dengan bumbu (bawang merah, putih, kemiri, cabai merah), lalu tambahkan gula merah, daun salam serai.

Jadi, pertama-tama siapkan adonan baso tahu dengan mencampurkan tepung kanji, tepung terigu, garam, gula, merica, ikan tenggiri, bawang putih cincang halus, daun bawang dan air.

Lalu aduk hingga rata. Ambil tahu yang telah dipotong menjadi 2 atau 4 bagian (tergantung anda) dan masukkan adonan menggunakan sendok sebagai isian tahu. Goreng dalam minyak panas.

Setelah batagor matang, potong-potong dan lumuri dengan bumbu kacang. Untuk kemasan, paling tidak hanya bisa menggunakan plastik. Harga Batagor sangat terjangkau. Yang termurah mulai dari Rp. 3000-Rp. 5000/porsi plastik. Tertarik dengan bisnis Batagor?

8. Martabak Mini

Sekarang mari beralih ke cemilan manis. Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar Martabak mini juga sangat disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Cara membuatnya juga mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

Diperoleh dari campuran tepung terigu dan telur, gula pasir, garam, baking powder, sodium bikarbonat dan krim bubuk yang dicampur dengan air. Selanjutnya anda hanya perlu menyediakan loyang untuk kue mini yang sudah diolesi margarin. Tuang adonan secukupnya ke dalam loyang.

Untuk toppingnya bisa menggunakan keju, kismis, coklat, pisang, pure kacang, susu kental manis dll. Harga marbak mini biasanya berkisar Rp 2500/buah.

Akhir Kata

Bagaimana Anda mendapatkan inspirasi bisnis dari salah satu ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar di atas? Bisnis jajanan SD kelihatannya sederhana, tapi pasarnya juga besar dan banyak yang suka. Selain itu, usaha jajanan SD juga tidak membutuhkan banyak modal. Anda yang memiliki modal kecil bisa memulainya. Jadi tunggu apa lagi?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *