10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di 2023

bisnis sampingan

Jika Anda sedang mencari penghasilan tambahan, Anda harus mengetahui beberapa ide bisnis sampingan ini. Saat ini, ada banyak sekali pilihan ide Bisnis Sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan di waktu senggang.

Penasaran seperti apa ide bisnisnya? Jangan penasaran lagi, simak 10 ide bisnis sampingan yang menghasilkan uang ini!

Bacaan Lainnya
bisnis sampingan

10 Ide Bisnis Sampingan yang Menguntungkan Usaha di Rumah

Biasanya di jalankan oleh mereka yang sudah memiliki mata pencaharian tetap namun masih membutuhkan dana tambahan untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Berikut beberapa rekomendasi bisnis sampingan yang mungkin bisa Anda lakukan:

1. Berjualan Pulsa dan Kuota

Kebutuhan banyak orang di internet untuk mendapatkan pulsa dan iuran adalah salah satu hal yang dimiliki setiap orang saat ini. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Modal yang di butuhkan untuk memulai usaha sampingan ini juga tidak terlalu tinggi. Hanya dengan modal awal ratusan ribu rupiah, Anda sudah membeli deposit pulsa yang bisa Anda jual ke beberapa orang sekaligus.

2. Bisnis Sampingan Membuka Layanan Laundry

Rutinitas yang padat membuat banyak orang tidak punya waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaiannya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan.

Selain peluangnya besar, modal untuk membuka jasa laundry juga bisa dibilang cukup terjangkau. Anda cukup menyediakan mesin cuci di rumah dan mempromosikan jasa laundry yang Anda lakukan ke lingkungan Anda.

3. Bisnis Sampingan Toko Sembako

Warung Kelontong merupakan salah satu bisnis offline yang masih bertahan di tengah era digital seperti saat ini. Selama produk di toko Anda berkualitas tinggi dan dibutuhkan oleh penduduk setempat, Anda pasti akan mendapat untung jika membuka usaha.

Walaupun hanya toko sembako, peluang usaha ini bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan dan menguntungkan bagi Anda. Jika Anda memaksimalkan pemasaran, daya tarik dan kualitas produk, maka pasti toko kelontong Anda akan kebanjiran pelanggan.

4. Bisnis Sampingan Sebagai Guru Freelance

Sebagai Guru Freelance merupakan ide bisnis yang menawarkan peluang menjanjikan sebagai usaha sampingan, khususnya bagi seorang mahasiswa. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, cobalah membuka jasa mengajar lepas di bidang tersebut.

Anda bisa mencoba menawarkan keahlian Anda melalui situs freelance, media sosial, berpromosi di komunitas lokal, atau bergabung dengan perusahaan yang menyediakan jasa pengajaran.

5. Bisnis Sampingan Menjual Jasa Penerjemah

Ide bisnis menjanjikan selanjutnya adalah jasa penerjemah. Jika Anda memiliki pengetahuan bahasa asing yang baik, manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan uang melalui layanan terjemahan.

Selain fleksibel, jasa terjemahan juga tidak membutuhkan banyak modal. Sama seperti guru freelance, Anda dapat mencoba menawarkan keahlian Anda melalui situs freelance, media sosial, dan mempromosikannya ke komunitas lokal.

6. Bisnis Sampingan Membuka Warung Kopi

Budaya ngopi saat ini sedang populer di kalangan anak muda. Banyak anak sekolah, pelajar bahkan karyawan menghabiskan waktunya untuk mengerjakan pekerjaan rumah, bekerja atau sekedar mengobrol di bar. Oleh karena itu, kedai kopi merupakan ide bisnis sampingan yang sangat menjanjikan.

7. Toko Online

Kemajuan teknologi menggeser ide bisnis dari offline ke online. Maka dari itu, toko online merupakan salah satu ide bisnis sampingan yang paling menjanjikan di era digital saat ini.

Anda dapat menjual berbagai barang secara online seperti pakaian, makanan, dan kebutuhan sehari-hari. Anda dapat mengunggah foto barang yang dijual dan menentukan harganya. Kemudian, Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial untuk memasarkannya..

8. Bisnis Sampingan Sebagai Dropshipper

Dropshipping adalah bisnis sampingan yang menjanjikan tanpa modal dan minim resiko. Sebagai dropshipper Anda hanya perlu memasarkan produk tanpa menimbun terlebih dahulu.

Biasanya supplier atau vendor yang diajak bekerja sama akan memberikan marketing kit berupa foto produk yang akan dijual.

9. Bisnis Sampingan Berupa Franchise

Waralaba atau franchise bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan jika Anda bingung produk mana yang akan dijual.

Waralaba adalah bisnis yang didirikan menggunakan nama merek perusahaan lain dengan syarat pemilik waralaba membayar komisi dan royalti kepada pengusaha asli. Mengenai komisi dan royalti, Anda tidak perlu khawatir karena dalam bisnis waralaba Anda hanya perlu membayar modal awal saja.

10. Content Creator

Content creator merupakan bisnis sampingan yang menjanjikan bagi banyak orang. Bisnis ini memiliki peluang besar dan menguntungkan, mulai dari iklan, sponsorship, kemitraan dan lain sebagainya.

Tetapi untuk mendapatkan penawaran dan peluang ini, Anda perlu membangun merek dan basis pengikut yang kuat dan berharga dalam jumlah ribuan hingga jutaan.

5 Tips  Sukses Memulai Bisnis Sampingan Yang Perlu Anda Ketahui

Untungnya, ada 10 rahasia sukses memulai usaha sampingan yang perlu Anda ketahui dan bisa terapkan. Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Mencari Ide Bisnis

Langkah pertama adalah mencari ide bisnis. Menemukan ide bisnis memang tidak mudah dan seringkali menjadi batu sandungan ketika ingin memulai usaha sampingan. Banyak orang yang terkadang bingung karena tidak punya ide atau bahkan terlalu banyak memikirkan ide.

Untuk menemukan ide bisnis yang cocok, coba mulai dengan mencantumkan keahlian dan passion yang Anda miliki, kemudian cocokkan dengan ide bisnis yang tepat. Dengan memilih bisnis yang sesuai dengan keahlian dan passion Anda, maka bisnis sampingan yang Anda jalankan akan menjadi mudah dan menyenangkan.

2. Membuat Rencana Bisnis

Yang kedua adalah membuat business plan. Anda mungkin bertanya seberapa penting rencana bisnis ini. Fungsi pembuatan business plan yang sebenarnya adalah untuk memberikan gambaran mengenai modal yang perlu disiapkan, strategi pemasaran, target konsumen dan target pendapatan perusahaan setiap bulannya. Memiliki rencana bisnis yang jelas memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan menjalankan bisnis.

3. Survei Tingkat Persaingan

Setelah melakukan 2 langkah di atas, tugas selanjutnya adalah melakukan survei tingkat persaingan bisnis dari ide bisnis yang Anda miliki. Hal ini penting karena Anda bisa mengetahui harga pasar saat ini, tingkat persaingan bisnis dan mengetahui seberapa besar peluang bisnisnya. Gali lebih dalam informasi dari semua pesaing yang ada. Jika persaingannya ketat, ada baiknya Anda memilih bisnis lain yang peluangnya besar dan persaingannya rendah.

4. Membuat Komitmen

Memulai usaha sampingan relatif mudah, namun berkomitmen pada usaha sampingan ini yang sulit. Selain itu, Anda harus membagi waktu dengan pekerjaan utama Anda, oleh karena itu Anda harus memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan dan menjalankan bisnis.

Rekam semua aktivitas terkait bisnis dan komitmen yang Anda miliki untuk menjalankan bisnis. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan dan komit, semakin cepat bisnis Anda akan berhasil.

5. Siapkan Modal

Kebanyakan orang akan berpikir saat memulai usaha, yang terpenting modalnya harus banyak. Pemikiran ini tidak sepenuhnya benar, karena Anda tidak hanya membutuhkan uang saja, masih banyak modal lain yang perlu Anda miliki selain uang.

Mental mengutamakan uang sebagai modal utama Anda perlu mulai disingkirkan, jangan sampai karena tidak punya modal uang akhirnya Anda tidak memulai usaha. Karena anda bisa memulai usaha dengan modal skill, maka anda bisa menyimpan uang usaha untuk modal mengembangkan usaha sampingan yang lebih besar.

Akhir Kata

Demikian Ini adalah ide Bisnis Sampingan yang bisa kami sampaikan. Jadi, jika Anda ingin atau pernah juga menjalankan bisnis sampingan dan ingin membuka rekening bisnis, boleh kok!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *