20 Ide Bisnis Kreatif Kekinian yang Patut Kamu Coba

ide bisnis kreatif

Menjalankan bisnis membutuhkan lebih dari sekadar pemahaman bisnis yang solid. Kreativitas juga di perlukan untuk membuka peluang bisnis baru. Terutama Ide Bisnis Kreatif, Kreativitas juga di perlukan untuk mempertahankan bisnis dalam menghadapi persaingan.

Seorang entrepreneur yang tidak berinovasi atau berpikir kreatif akan mudah di lupakan. Bisnis akan tenggelam seiring waktu.

Bacaan Lainnya
ide bisnis kreatif

Mengapa Harus Bisnis Kreatif

Sebelum masuk ke alasannya, kamu bisa lihat dulu video dari Funtastic Consulting ini tentang beberapa ide bisnis unik dan kreatif yang bisa kamu coba juga.

Manusia di ciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Oleh karena itu, manusia membutuhkan kreativitas untuk dapat memberikan manfaat bagi manusia lainnya.

Salah satu cara untuk menjadi orang yang berguna adalah dengan menjadi pengusaha atau entrepreneur.

Jiwa dengan kreativitas tinggi harus di miliki oleh seorang pebisnis. Dengan kreativitas yang tinggi akan lahir inovasi-inovasi baru.

Tanpa inovasi, bisnis akan berfungsi di tempat. Bahkan hal yang lebih buruk bisa terjadi, seperti kegagalan.

Bahkan jika Anda tidak sendirian dalam menjalankan bisnis. Jika kamu mempunyai karyawan, kehidupan mereka akan berpengaruh oleh kegagalan bisnis Anda.

Inilah pentingnya menjadi wirausaha yang kreatif.

Selalu ada hal-hal yang berubah di dunia ini setiap hari, termasuk cara berpikir orang. Keinginan dan kebutuhan masyarakat sangat dinamis.

Inilah yang membuat trend muncul dan hilang dalam waktu singkat.

Sebagai pengusaha, Anda harus dapat menyesuaikan bisnis Anda dengan perkembangan masyarakat. Tujuannya agar bisnis tetap relevan dan selalu di butuhkan oleh banyak orang.

Upaya kreatif menjadi terobosan cemerlang dalam menanggulangi pola tren yang ada di masyarakat.

Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim

Pada kesempatan kali ini, Mimin akan memberikan ide bisnis kreatif kekinian yang cocok untuk kalangan milenial. Ayo, lihat!

1. Ide Bisnis Kreatif  Menjual Camilan Unik

Jajanan seperti keripik kaca dan makaroni pedas banyak di gemari masyarakat. Anda bisa memulai bisnis jualan makanan ringan seperti ini.

Anda juga bisa berinovasi dengan memodifikasi jajanan yang ada. Ide Bisnis Kreatif seperti ini juga bisa di katakan sebagai ide usaha yang cocok untuk mahasiswa.

2. Kerajinan Rotan

Rotan merupakan bahan baku yang dapat di bentuk menjadi berbagai macam benda.

Jika Anda sangat kreatif, ubahlah rotan menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti wadah buah atau kotak tisu.

Buat bentuk baru seperti karakter kartun atau sesuatu untuk menarik pembeli.

3. Ide Bisnis Kreatif Menjual Produk Daur Ulang

Barang bekas di rumah Anda dapat diubah menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Misalnya koran atau majalah bekas yang bisa di ubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Contohnya lampu dan keranjang.

Usaha ini juga bisa menjadi peluang usaha rumahan bagi para ibu rumah tangga, karena usaha daur ulang produk memiliki waktu pengerjaan yang fleksibel.

4. Ide Bisnis Menjual Barang Antik

Beberapa barang antik memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan banyak dicari oleh para kolektor. Ambil kesempatan untuk mengumpulkan barang antik dan kemudian menjualnya kembali.

Untuk melakukan transaksi lebih mudah dan aman, Anda bisa menggunakan rekber atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau Shopee.

5. Desain Mahar Uang Mahar

dalam bentuk uang masih menjadi favorit masyarakat muslim di Indonesia. Uang yang digunakan untuk mahar biasanya dibentuk dan dihias sedemikian rupa.

Gunakan kreativitas Anda untuk membuka jasa desain mahar. Tawarkan layanan kepada anggota keluarga atau kolega yang akan menikah.

Atau Anda juga bisa bekerja sama dengan pemilik wedding planner untuk merancang mahar kliennya.

Untuk memudahkan anda jualan uang mahar online, jika menggunakan WhatsApp bisa menggunakan link WhatsApp BukuWarung.

6. Kursus Musik Privat

Apakah Anda memiliki keterampilan memainkan alat musik? Ide Bisnis Kreatif dengan mencoba buka les privat musik.

Contoh kelas musik yang diminati masyarakat adalah piano, gitar, dan biola. Anda akan dibayar untuk setiap pertemuan.

7. Ide Bisnis Sewa Kostum

Masyarakat Indonesia memiliki banyak perayaan seperti pernikahan, peringatan hari Kartini dan hari pahlawan.

Setiap perayaan membutuhkan kostum. Membuka bisnis persewaan kostum bisa jadi menguntungkan.

8. Bisnis Jasa Mendengarkan Cerita

Gagasan tentang perusahaan yang mendengarkan kata-kata kasar mungkin tampak konyol. Tapi kegiatan ini nyata dan Anda bisa mencobanya.

Target pasar dari layanan ini adalah mereka yang sedang berjuang tetapi tidak memiliki teman untuk berbagi perasaan.

Bisnis ini sangat mudah bagi Anda dan bisnis ini bisa menjadi peluang bisnis tanpa modal, pada dasarnya Anda hanya perlu menjadi pendengar yang baik dan memberikan nasihat yang baik saat dibutuhkan.

9. Ide Bisnis Desainer Busana

Anda tidak harus bekerja di butik atau membuka butik sendiri untuk menjadi perancang busana.

Ada banyak situs freelance yang membutuhkan jasa desainer. Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil karya Anda di berbagai website.

10. Membuka Clothing Line

Ide Bisnis Kreatif membuka clothing line sangat dekat dengan anak muda. Banyak brand clothing line lokal bermunculan akhir-akhir ini.

Kualitasnya tidak kalah dengan merek luar negeri. Untuk memasarkan produk Anda, Anda bisa menggunakan website atau media sosial.

11. Desain Grafis

Ide bisnis kreatif kontemporer selanjutnya adalah jasa desain grafis. Saat ini, perusahaan mulai gencar melakukan pemasaran online.

Kebutuhan akan jasa desain grafis juga semakin meningkat. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis.

12. Ide Bisnis Animator

Selain desain grafis, animasi juga dipertimbangkan oleh banyak perusahaan besar untuk keperluan branding.

Gunakan pengalaman Anda dalam membuat animasi untuk menghasilkan peti rupee. Animator bisa dibayar jutaan untuk video pendek.

Untuk mendapatkan klien, Anda bisa menggunakan situs seperti sribulancer, Projects.co.id dan situs atau forum freelance lainnya.

13. Usaha Es Krim dari Kulit Pisang

Masyarakat membuang kulit pisang karena sudah tidak berguna lagi. Padahal kulit pisang bisa dibuat menjadi es krim yang enak.

Anda bisa mendapat untung besar dengan melakukan bisnis makanan unik ini.

14. Case Handphone Custom

Seiring dengan maraknya penggunaan smartphone, kebutuhan akan case juga semakin meningkat. Case menjadi lapisan pelindung untuk mencegah ponsel Anda tergores.

Anda bisa menawarkan jasa membuat casing handphone sesuai dengan desain yang mereka inginkan. Untuk memasarkannya, Anda bisa menggunakan marketplace atau media sosial seperti Instagram.

15. Dekorasi Interior

Keindahan ruangan merupakan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Sayangnya tidak semua orang bisa mendekorasi ruangan. Manfaatkan keahlian dan kreativitas Anda untuk membuka jasa dekorasi interior

16. Administrator Akun Media Sosial

Apakah Anda ingin bekerja hanya dengan berbagi ponsel dan internet? Cobalah melamar posisi administrator media sosial. Pekerjaan ini bisa dilakukan dimana saja sambil bersantai.

17. Ide Bisnis Jasa pembuat konten

Kreativitas sangat dibutuhkan dalam menulis konten. Jika Anda pandai menyampaikan ide melalui tulisan, pekerjaan ini cocok untuk Anda.

Cari lowongan content creator di situs freelance lokal atau internasional. Sesuaikan dengan keterampilan Anda, apakah Anda membuat konten tertulis atau visual.

Akhir Kata

Walaupun ada beberapa bisnis yang terkesan biasa saja, Anda harus tetap optimis bahwa bisnis yang Anda jalankan akan berkembang.

Selain contoh di atas, Anda juga bisa membuat sendiri Ide Bisnis Kreatif kekinian dengan menganalisis peluang yang ada di sekitar Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *