15 Ide Bisnis Rumahan yang Pasti Laris di Tahun 2023

Ide Bisnis Rumahan

Pemasaran online telah menjadi strategi pengembangan ide bisnis rumahan yang mudah dan menjanjikan. Oleh karena itu, platform online seperti media sosial kini banyak di minati karena terbukti mampu menghasilkan passive income.

Ide Bisnis Rumahan

Terkait dengan fenomena tersebut, kini banyak orang yang mencari ide bisnis rumahan yang trendy untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk mendapatkan gambaran lebih jelas ide bisnis rumahan apa saja yang bisa kamu coba, yuk simak artikel berikut ini!

15 Contoh Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Mendirikan bisnis sering di samakan dengan memiliki toko fisik. Namun, siapa sangka konotasi tersebut dapat terbantahkan dengan munculnya berbagai jenis aktivitas rumah tangga.

Pengertian usaha rumahan adalah kegiatan usaha yang di lakukan di rumah pribadi pengusaha, tanpa menyewa tempat atau properti lain.

Nah, pada artikel kali ini Mimin  memberikan berbagai jenis bisnis rumahan yang sedang trending di tahun 2022, berikut ulasannya:

1. Toko kelontong

Ide bisnis rumahan pertama adalah membuka toko bahan makanan dasar. Tidak dapat di pungkiri bahwa kebutuhan rumah tangga seperti minyak, telur, sabun dan lain sebagainya akan selalu di cari oleh masyarakat.

Oleh karena itu, target pasar dari ide bisnis rumahan ini cukup besar. Jika Anda ingin membangun warung sembako, pastikan Anda menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing dengan kompetitor Anda.

Salah satu taktik pemasaran yang bisa Anda coba adalah dengan mendirikan toko online, mencari unique selling point (USP), dan rutin memberikan penawaran khusus untuk menarik pelanggan.

2. Agen Makanan Beku

Kesibukan masyarakat berdampak pada tingginya minat terhadap makanan instan. Fenomena ini bisa Anda manfaatkan sebagai ide bisnis rumahan makanan beku.

Misalnya, saat ini jenis jajanan Indonesia hingga masakan Korea beku memiliki peluang penjualan yang tinggi.

Jangan khawatir, makanan jenis ini biasanya tahan lama sehingga pasokannya bisa di sesuaikan dengan permintaan konsumen.

Untuk memulainya, Anda bisa menjadi reseller beberapa brand frozen food atau seiring perkembangan bisnis, Anda bisa memilih jasa kemitraan untuk menambah stok produk.

3. Jasa Laundry Kiloan

Salah satu ide bisnis rumahan yang sedang tren adalah laundry kiloan, terutama jika Anda tinggal di daerah perumahan atau di universitas.

Lingkungan memiliki potensi penjualan yang tinggi untuk layanan ini karena kesibukan masyarakatnya.

Namun, perusahaan tersebut perlu mengeluarkan modal yang cenderung lebih tinggi untuk tagihan air, mesin cuci, setrika, deterjen, dan pewangi pakaian per bulan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, jangan lupa cantumkan nama toko Anda di Google Maps agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi toko Anda.

4. Thrift Store

Kekuatan tren pakaian di kalangan remaja dan dewasa muda bisa Anda manfaatkan sebagai ide bisnis rumahan online maupun offline.

Toko barang bekas atau sering di sebut thrift store umumnya menjual berbagai jenis baju, celana, asesoris alat yang sudah terpakai namun masih dalam kondisi baik.

Untuk memulainya, Anda perlu menentukan tujuan bisnis Anda – apakah akan menjual pakaian, sepatu, atau peralatan lainnya.

Selanjutnya, carilah penjual yang menjual paket bungkus atau bola untuk kebutuhan stok toko Anda. Selanjutnya, pastikan rencana bisnis sudah sesuai dengan rencana.

Untuk memaksimalkan pemasaran Anda, di sarankan agar Anda memberi nama toko Anda dengan kata kunci seperti “Toko Barang Bekas ABC” dan memasarkannya melalui media sosial atau pasar online.

5. Affiliator Barang

Salah satu bisnis rumahan kecil dengan keuntungan besar adalah menjadi afiliasi artikel.

Cara kerja bisnis ini hampir sama dengan sistem kemitraan di mana seseorang mempromosikan aset perusahaan dan menerima komisi atas transaksi konsumen melalui orang tersebut.

Pada umumnya bisnis ini tidak membutuhkan modal tetapi membutuhkan taktik pemasaran online yang menarik. Hal ini terkait dengan tujuan promosi untuk menarik konsumen.

Jadi, jika Anda menjadi affiliate, Anda akan di berikan link, kode kupon dan lain sebagainya sebagai sarana pemasaran melalui media sosial.

Sedangkan untuk komisi afiliasi, tergantung pada kebijakan penyedia program afiliasi.

Oleh karena itu, Anda harus hati-hati memilih identitas dan produk perusahaan Anda untuk menghindari risiko penipuan.

6. Bisnis dropshipping

Sejauh menyangkut pemasaran digital, Anda juga dapat mencoba modal kecil, bisnis rumahan untung besar lainnya yaitu dropshipper. Anda bisa menjalankan bisnis dropship tanpa harus menyetok barang.

Tugas seorang dropshipper adalah membuka pasar online dan dengan demikian mempromosikan produk tertentu dari perusahaan.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda akan bekerja sama dengan supplier grosir yang akan memasarkan barang atas nama Anda atau sering di sebut dengan istilah white labeling.

Artinya, jika terjadi transaksi pembelian, Anda harus menghubungi supplier untuk mengantarkan barang tersebut ke konsumen.

Perlu di ingat bahwa minat pembeli dan segmen pasar juga harus di perhitungkan saat memilih produk yang menghasilkan keuntungan besar.

7. Bisnis Makanan di Online Marketplace

Kemudahan akses toko online sangat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari salah satunya membeli makanan.

Kini banyak pengusaha yang memasarkan produknya seperti roti, makanan ringan, makanan beku, makanan berat hingga catering melalui marketplace online.

Anda bisa menjual makanan yang di buat sedemikian rupa, misalnya dari segi rasa atau kemasan, yang unik dari produk sejenis.

Selain itu, usaha ini juga memerlukan persiapan pengiriman dengan transportasi online atau pengiriman antar kota dan kabupaten untuk menghindari kerusakan kualitas masakan.

8. Layanan Top Up Game atau Dompet Digital

Meskipun ide bisnis rumahan ini terdengar tidak terlalu menjanjikan, ternyata bisnis ini bisa memberikan Anda passive income lho.

Hal ini di sebabkan meningkatnya aktivitas eSports berdampak pada tingginya permintaan layanan isi ulang voucher game online. Oleh karena itu, kesempatan ini tidak boleh di lewatkan.

Selain itu, kebutuhan sehari-hari masyarakat untuk membawa dan membeli barang secara online juga dapat di kembangkan menjadi sebuah bisnis.

Apalagi saat ini pengisian saldo dompet digital akan memberikan keuntungan berlipat dan Anda hanya perlu memiliki mobile banking dengan limit penarikan tertentu.

9. Jasa Foto dan Video Produk

Tren digital marketing menjadi target pasar yang tepat bagi para ahli fotografi atau videografi. Keterampilan berikut adalah salah satu ide bisnis rumahan yang sedang tren di Indonesia.

Pasalnya, pemilik merek umumnya sering menggunakan layanan tersebut saat meluncurkan produk baru.

Selain untuk mengoptimalkan pemasaran online, kegiatan ini juga di butuhkan masyarakat pada momen-momen spesial seperti wisuda, foto profil atau bahkan foto keluarga.

Sehubungan dengan itu, Anda juga bisa membuka usaha persewaan peralatan fotografi untuk menambah passive income Anda.

10. Jasa Desain Grafis

Masih berkaitan dengan teknik pemasaran online, jasa desain grafis juga menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan ahli desain untuk mempersiapkan branding atau iklan produknya.

Tidak hanya itu, jasa desain grafis juga di minati oleh digital agency yang menjual jasa desain website atau blog.

Jadi, jangan sia-siakan bakat Anda dan teruslah berusaha untuk mengembangkannya menjadi sebuah bisnis.

11. Jasa Konsultasi SEO

Untuk membangun fondasi pemasaran digital yang kuat di situs web bisnis, keterampilan SEO menjadi aspek penting.

Biasanya, keterampilan SEO on-page, off-page, HTML, riset kata kunci, dan pembuatan backlink adalah keterampilan yang paling dicari.

Alasan mengapa layanan konsultasi SEO adalah ide bisnis rumahan yang sederhana adalah karena sebagian besar tugas dapat dilakukan secara online seperti menganalisis keseluruhan situs, memeriksa potensi lalu lintas, dan merancang taktik untuk meningkatkan posisi Anda di SERP.

Komisi yang diperoleh konsultan SEO juga bervariasi, tergantung jenis proyek atau kesepakatan dengan perusahaan.

Itulah artikel tentang 10 Ide Bisnis Rumahan yang menguntungkan dan bisa di coba untuk pemula.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *