10 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menguntungkan 2023

Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan kini menjadi salah satu bisnis yang banyak diperbincangkan baik di kalangan pengusaha maupun orang yang ingin memulai bisnis kuliner. Alasan orang melirik bisnis makanan ringan adalah karena tidak pernah sepi penggemarnya dan modalnya tidak terlalu besar.

Keuntungan yang bisa di dapat dari menjalankan bisnis makanan ringan tidak bisa di remehkan karena banyak orang yang mendapatkannya dengan menjual makanan ringan yang menarik bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya
Bisnis Makanan Ringan

Ide Bisnis Makanan Ringan yang Tidak Ada Matinya

Berikut Mimin bagikan 10 Bisnis Makanan Ringan menguntungkan yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Bisnis Makanan Ringan Sempol Ayam

Sempol Ayam merupakan cemilan yang enak dan nikmat. Di mana jajanan populer ini konon berasal dari Malang. Rasanya yang enak dengan harga yang cukup terjangkau membuat kaldu ayam semakin laris di pasaran.

Tentu saja peluang bisnis ayam buras ini semakin menjanjikan. Memulai usaha soto ayam juga cukup mudah, karena bahan yang di gunakan mudah di temukan dan cara membuatnya sederhana namun tetap menguntungkan.

2. Bisnis Makanan Ringan Telur gulung

Anda pasti pernah membeli egg roll atau bahkan membuatnya sendiri di rumah. Tentu teman-teman pasti setuju kalau telur gulung adalah jajanan masa kecil yang masih enak sampai sekarang.

Masyarakat saat ini sepertinya di buat bernostalgia dengan berbagai jenis makanan yang populer di tahun 90-an, salah satunya telur gulung. Ternyata egg roll tidak pernah kehilangan penggemarnya. Tak heran jika bisnis egg roll menjadi bisnis yang menggiurkan.

3. Bisnis Makanan Stik Talas

Umbi talas adalah sejenis umbi-umbian yang bisa di makan dengan cara di masak, di goreng atau di rebus. Ternyata umbi talas memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B, dan garam fosfat.

Tongkat talas ini menjadi titik awal untuk penilaian talas tinggi. Karena jika di buat menjadi stik, banyak orang yang menyukai rasa asinnya.

4. Bisnis Makanan Tahu Kremes

Tahu Kremes kini tak kalah populer dengan jajanan lainnya. Cocok di sajikan dengan berbagai jenis kuah, seperti sup, bakso, atau bahkan mi instan. Pembuatannya yang praktis dan di gemari banyak orang membuat makanan ringan ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

5. Bisnis Makanan Tahu Bakso Daging

Dalam kehidupan sehari-hari, tahun merupakan salah satu bahan makanan yang sangat familiar di semua kalangan masyarakat. Tahu sering di buat menjadi berbagai jenis makanan, termasuk makanan ringan seperti tahu, bakso. Makanan ini di buat menjadi tahu goreng yang di isi adonan bakso sehingga rasa dan tekstur tahunya semakin unik.

Tahu bakso bukanlah jenis makanan baru di kalangan masyarakat. Meski begitu, pamor tahu bola tetap melejit seiring dengan inovasi yang di lakukan dan berbagai cara pemasaran.

6. Bisnis Makanan Keripik Pisang

Keripik pisang akan terlihat biasa saja, namun bagaimana jika di tambahkan bumbu-bumbu yang sedang tren, seperti coklat, keju, green tea, talas dan masih banyak lagi. Berinovasi dengan rasa yang berbeda merupakan bentuk pemasaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan zaman untuk mewakili perasaan anak muda.

Pemilihan rasa dengan pemasaran dan kemasan produk yang unik memastikan bisnis keripik pisang ini tidak hanya menjadi bisnis kekinian tetapi juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

7. Bisnis Makanan Kulit Ayam Crispy

Kulit ayam merupakan salah satu makanan yang saat ini sedang di gandrungi oleh banyak orang terutama kaum milenial dan gen z. Bahan kulit ayam yang murah dan pembuatannya yang relatif mudah membuat usaha jajanan kulit ayam ini wajib di coba.

8. Mie Lidi

Selain lulur, salah satu jajanan era 90-an yang banyak di nikmati masyarakat saat ini adalah mie lidi. Mie stick merupakan salah satu makanan ringan berbahan tepung. Rasanya yang gurih dan aneka bumbunya membuat siapa saja ketagihan. Tidak ada salahnya jika mie lidi menjadi salah satu inspirasi untuk membuka usaha.

Pangsa pasar yang cukup besar memudahkan untuk memulai bisnis ini.

9. Bisnis Makanan Ringan Basreng

Saat ini semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh para pengusaha makanan ringan untuk memikat konsumennya. Salah satunya adalah basreng. Rasanya yang lezat mengundang rasa penasaran tidak hanya para remaja tetapi juga orang dewasa.

Saking populernya, banyak orang yang mulai mencoba peruntungan membuka usaha basreng dengan berbagai variasi yang mereka ciptakan untuk menarik pembeli. Basreng memiliki pangsa pasar yang besar selama ini, ditambah lagi industri makanannya juga tidak ribet dan sangat menguntungkan.

10. Kerupuk Seblak

Beberapa tahun belakangan ini, seblak menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari, terutama oleh generasi milenial dan gen z. Rasa pedas menjadi ciri khasnya. Jika biasanya kita makan seblak basah lengkap dengan kerupuk, bakso, ceker dan sayuran, kali ini seblak versi keringnya yaitu kerupuk seblak.

Usaha kerupuk ini kembali laris manis di pasaran karena rasa asin dan pedasnya yang menggoda membuat pamornya semakin berjaya di kalangan pecinta jajanan.

Kunci Sukses Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan membutuhkan ketekunan dan manajemen yang baik. Pengusaha jajanan yang paling sukses adalah pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap, dan jajanan yang di pasarkan sangat inovatif dan rasanya enak karena kunci utama bagi pemula dalam usaha makanan jajanan adalah kreatif dan inovatif. Banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, antara lain:

1. Makanan Ringan Mempunyai Kualitas Bagus

Jajanan yang akan dijual harus memiliki kualitas yang baik, baik dari segi bahan yang digunakan, baik dari segi pengolahannya maupun dari segi pengemasannya. Bahan yang digunakan harus higienis dan tidak mengandung zat berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai dengan aturan, misalnya menggoreng jajanan dengan minyak berkualitas dan menggantinya secara berkala. Kemudian bungkus jajanan gorengan tersebut menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

2. Inovasi Produk dan Pemasaran

Pemenang usaha makanan ringan adalah pengusaha yang selalu berinovasi menciptakan makanan ringan yang berbeda sehingga produk tersebut lebih mudah ditemukan dan dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak masalah jika produk yang Anda jual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang Anda jual inovatif berbeda dengan produk yang sudah ada di pasaran.

3. Ciptakan “Relationship” dengan Pelanggan

Anda melayani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana baik Anda mengenal pelanggan tersebut atau tidak. Ciptakan kesan yang mendalam bagi pelanggan, dengan senyuman dan sapaan bukan hanya kata-kata, agar pelanggan senang untuk berkunjung kembali. Manfaatkan juga media sosial untuk membandingkan jajanan yang dijual untuk membangun hubungan pelanggan yang dekat, karena hal ini akan berdampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut dari pelanggan. Iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif dalam menjaring pelanggan lain dan meningkatkan penjualan.

4. Strategi Penjualan yang Cocok dengan Segmen Pasar

Strategi penjualan yang baik akan mempengaruhi perkembangan bisnis kedepannya, maka sebagai newbie di industri makanan ringan, anda harus dapat menyusun strategi penjualan yang tepat dan mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan anda. Misalnya: memberikan diskon, menambah berat makanan atau memberikan sampel produk gratis kepada orang-orang di wilayah yang mewakili pangsa pasar.

5. Visioner, berpikir besar, berpikir positif

Selalu berpikir ke depan dan mendalam serta berpikir positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran seorang pebisnis. Dalam menjalankan bisnis, Anda harus melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih membantu untuk berpikir ke depan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang Anda pikirkan bisa menjadi kenyataan, jadi sangat penting untuk selalu berpikir positif.

Itulah artikel tentang 10 Ide Bisnis Makanan Ringan yang menguntungkan, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *